Rumus MID Excel

 Penggunaan Rumus MID Excel

Fungsi MID adalah yang digunakan untuk mengambil sebagian karakter yang berada di tengah - tengah sel. Kegunaan dari rumus MID ini bisa kita gunakan ketika kita mempunyai teks/karakter yang panjang. Lalu kita ingin mengekstrak/mengambil sebagaian informasi yang berada di tengah-tengah teks saja.

Cara Menggunakan Fungsi MID Di MS Excel

Taruh kursor pada sel di mana kita ingin menampilkan hasil pengambilan beberapa informasi menggunakan fungsi MID. Ketikkan fungsi =MID(Teks;UrutanKarakter;BanyaknyaKarakter) jika kita ingin mengambil sebagaian teks yang berada di tengah.

Kemudian masukkan teks dengan mereferensikan sel yang berisi informasi yang ingin kita ambil sebagain informasinya. Pada bagian UrutanKarakter isikan angka berdasarkan karakter tempat dimulainya pencarian. Jika dimulai dari huruf pertama, maka tulis angka 1. Jika dimulai dari huruf kedua maka tulis angka 2.

Sedangkan pada BanyaknyaKarakter isikan angka berdasarkan jumlah karakter yang ingin kita cari. Jika ingin menampilkan 4 huruf, maka isi angka 4. Sesuaikan saja dengan jumlah karakter yang dicari.

Tekan Enter pada keyboard untuk menampilkan hasilnya. Kita bisa meng-copy fungsi tersebut untuk diaplikasikan pada baris yang lain yang ada di bawahnya dengan cara men-drag sel ke bawah.


Source:


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.