Rumus Left & Right

 Penggunaan Rumus Left & Right

Fungsi LEFT adalah fungsi yang digunakan untuk mengekstrak/mengambil beberapa karakter yang terletak dari sebelah kiri sel pada Microsoft Excel. Sedangkan fungsi RIGHT adalah fungsi yang digunakan untuk mengekstrak/mengambil karakter dari sebelah kanan sel.

Biasanya fungsi ini digunakan oleh editor atau admin untuk menyeleksi beberapa informasi saja dari data sel yang berisi banyak informasi. Contoh penggunaanya ketika kita mempunyai data berupa alamat lengkap namun ingin mengambil nomor kode posnya saja. Atau untuk mengambil nama depan dari data yang berisikan nama lengkap. 

Penjelasan:

  • RIGHT: Merupakan nama fungsi untuk mengambil beberapa karakter dimulai dari sebelah kanan sel.
  • Teks: Berisi teks atau informasi yang ingin diambil sebagaian karakternya.
  • UrutanKarakter: Berisi urutan angka yang ingin kita ambil sebagain informasinya, urutan dihitung mulai dari jumlah karakter/string paling kanan.

Pada bagian Teks, kita bisa mereferensikan sel yang terdapat informasi yang ingin diambil sebagaian informasi tersebut secara langsung. Karakter yang dihitung tidak melulu berupa teks huruf/angka. Namun bisa berupa tanda baca seperti koma, titik, buka kurung, tutup kurung dan lain sebagainya.


Source:

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.