Rumus UPPER & LOWER

 Penggunaan UPPER & LOWER pada Excel

Fungsi UPPER pada Excel adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar (kapital). Sedangkan fungsi LOWER adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah huruf besar/kapital menjadi huruf kecil.

Kedua fungsi tersebut bisa kita manfaatkan ketika kita berurusan dengan data mentah, di mana huruf-huruf pada sel tidak sama. Lalu kita ingin merapikannya dengan fungsi UPPER atau fungsi LOWER.

Format penulisan fungsi UPPER adalah sebagai berikut:

=UPPER(Teks)

Penjelasan:

  • UPPER: Merupakan nama fungsi untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar/kapital.
  • Teks: Berisi teks yang ingin kita rubah hurufnya menjadi huruf besar semua.

Sedangkan format penulisan fungsi LOWER juga hampir sama, tinggal kita rubah nama fungsinya menjadi:

=LOWER(Teks)

Penjelasan:

  • UPPER: Merupakan nama fungsi untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil.
  • Teks: Berisi teks yang ingin kita rubah hurufnya menjadi kecil.

Kedua fungsi tersebut memang dikhususkan untuk karakter berformat teks. Jadi tidak bisa digunakan untuk angka, kecuali referensi sel di mana terdapat teks yang ingin kita rubah huruf besar kecilnya.

Jumlah maksimal yang bisa kita masukkan ke dalam setiap fungsi hanyalah 1 teks/sel. Jadi baiknya setiap teks atau setiap sel kita aplikasikan satu formula, kita bisa copy fungsinya dengan cara drag sel. Sayangnya kita tidak bisa merubah huruf besar-kecil di sel/tempat terdapat sumber teksnya secara langsung (tidak bisa di-replace). Sehingga kita harus tempatkan hasilnya ke dalam sel lain.






Source:



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.