Rumus HLOOKUP Excel

 Rumus HLOOKUP 

HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari suatu data dari tabel data berdasarkan baris tabel atau secara horizontal di Excel. Rumus HLOOKUP ini memiliki kegunaan yang hampir sama dengan rumus VLOOKUP. Hanya saja HLOOKUP secara horizontal sedangkan VLOOKUP secara vertikal.

Contoh penggunaannya yaitu kita bisa mengetahui harga barang berdasarkan nama barang atau bahkan mencari nama karyawan berdasarkan nomor ID karyawan. Untuk membedakan penggunaannya cek tabel data kita. Jika header atau judul tabelnya terletak di atas maka gunakanlah fungsi VLOOKUP. Namun jika judulnya terletak disamping gunakanlah fungsi HLOOKUP.

Bentuk Rumus HLOOKUP

Bentuk atau format penulisan rumus HLOOKUP adalah:

=HLOOKUP(DataYangDicari;RangeTabel;BarisKe;KondisiPencarian)

Penjelasan:

  • HLOOKUP: Merupakan nama rumus untuk mencari data secara horizontal.
  • DataYangDicari: Merupakan data acuan/sel dari kolom pertama yang ingin dicari.
  • RangeTabel: Merupakan referensi Range dari tabel dengan data acuan di baris awal tabel.
  • BarisKe: Berbentuk angka berdasarkan baris keberapa dari tabel yang dicari.
  • KondisiPencarian: Bisa berbentuk TRUE atau angka “1” untuk mencari data yang mendekati, bisa juga berbentuk FALSE atau angka “0” untuk mencari data yang sama persis.

Apabila muncul pesan #N/A maka dipastikan terdapat kesalahan atau ketidakcocokan baik itu pada data atau referensi rangenya. Selain itu kondisi pencarian yang kita masukkan tidak ditemukan. Simak materi lainnya pada seri tutorial belajar Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Rumus HLOOKUP di MS EXCEL

Pastikan sudah ada tabel data yang ingin diambil datanya kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut:

  1. Klik sel yang ingin kita tampilkan hasil pencarian-nya sesuai dengan header tabel kita.
  2. Ketikkan rumus HLOOKUP dengan format berikut: =HLOOKUP(DataYangDicari;RangeTabel;BarisKe;KondisiPencarian)
  3. Lalu masukkan sel pada DataYangDicari di baris pertama tabel.
  4. Selanjutnya pada RangeTabel blok range tabel tidak usah blok judul tabelnya langsung tekan tombol F4 pada keyboard untuk menjadikan referensi sel tersebut menjadi absolut.
  5. Ketikkan angka sesuai dengan baris keberapa pada BarisKe dihitung dari atas ke bawah.
  6. Kemudian ketikkan TRUE atau angka “1” untuk mencari data yang mendekati. Ketik FALSE atau angka “0” jika ingin mencari data yang sama persis.
  7. Tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Supaya lebih jelas mari kita simak contoh penggunaan rumus HLOOKUP berikut. Lihat juga Rumus Penjumlahan di Excel.

Contoh Penggunaan Rumus Fungsi HLOOKUP di Excel



Source:

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.