Rumus Excel (SUM, MAX, MIN, AVERAGE)

 Rumus SUM, MIN, MAX & AVERAGE


Belajar Microsoft Excel saat ini dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan koneksi internet. Ada banyak tutorial yang tersedia mulai dari tingkat pemula hingga advance atau mahir yang dapat diakses secara gratis. Namun umumnya tutorial tersebut kurang terstruktur sehingga menyulitkan pemula untuk menentukan alur belajar Excel mulai dari nol.

Berangkat dari permasalahan tersebut, ITKoding membuat tutorial belajar MS Excel tentunya dengan materi yang tersusun mulai dari tingkat pemula. Materi kami kelompokkan berdasarkan kategori mulai dari pembelajaran dasar-dasar MS Excel, fungsi dan rumus Excel serta materi tentang Macro VBA Excel.

 Rumus SUM, MIN, MAX, AVERAGE









Format penulisan rumus SUM adalah sebagai berikut:

=SUM(Angka1;Angka2;…)
Format penulisan rumus MIN adalah sebagai berikut:
=MIN(Angka1;Angka2;…)

Format penulisan rumus MAX adalah sebagai berikut:

=MAX(Angka1;Angka2;…)

Format penulisan rumus Average adalah sebagai berikut:

=AVERAGE(ReferensiSel1;ReferensiSel2;…)


A. Rumus SUM adalah rumus yang digunakan untuk menjumlahkan angka pada lembar kerja Microsoft Excel. Cukup dengan mereferensikan sel mana yang ingin dijumlahkan atau bisa dengan mereferensikan Range pada saat menggunakan fungsi SUM tersebut. Dengan rumus fungsi SUM kita tidak perlu menjumlahkan satu-persatu sel-sel yang ingin dijumlahkan.

B. Rumus MIN adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai terendah dari beberapa data pada Microsoft Excel. Sebaliknya, rumus fungsi MAX adalah rumus yang untuk menghitung atau mencari nilai tertinggi di Excel. Kedua rumus tersebut biasa digunakan untuk keperluan statistik.

C. Average adalah rumus atau fungsi yang digunakan untuk mencari rata-rata dalam bentuk angka dari suatu data di Microsoft Excel. Contoh ketika kita ingin mencari nilai rata-rata mata pelajaran siswa atau mencari rata-rata usia untuk sebuah survey. Dengan begitu kita tidak perlu lagi menghitung rata-rata secara manual atau menggunakan metode perhitungan tradisional. Cukup gunakan rumus Average agar lebih cepat dan tepat.

Source:













Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.